Jumat, 19 Desember 2008

trik dalam bermain bola

Sepak bola adalah permainan olahraga yang sangat populer. Permainan beregu yang dimainkan masing-masing regunya terdiri dari sebelas orang pemain termasuk seorang penjaga gawang.

ada berbagai trik dalam bermain sepak bola yang membuat permainan menjadi lebih indah, diantaranya :

Rabona
Rabona adalah teknik dalam menendang bola dimana kaki yang dipakai untuk menendang bola disilangkan di belakang kaki tumpuan. Kalau nggak punya skill tinggi jangan harap deh bisa melakukannya.
Di United, yang pertama kali melakukannya adalah Juan Sebastian Veron. Cristiano Ronaldo juga beberapa kali melakukan teknik unik ini.

Sombrero
Dalam bahasa Spanyol, sombrero artinya sejenis topi, yang kemudian menjadi ciri khas negara Meksiko. Teknik mengecoh lawan ini dilakukan dengan mencungkil bola melewati kepala lawan lalu pemain berlari mengejar bola tersebut. Freddy Adu pernah menggegerkan MLS dengan teknik ini. Tapi pemain yang pertama kali memakai gaya ini adalah sang legenda Pele.

Roulette
Roulette artinya berputar. Teknik mendribling bola dengan memutar badan sambil bergerak di atas bola. Sungguh gerakan yang sulit dan membingungkan lawan. Zidane lah yang paling terkenal dalam teknik ini.

Pedalada
Teknik menggerakkan kaki menari nari di atas bola seperti mengayuh sepeda untuk menipu lawan. CR7, Ronaldo, Robinho atau Ronaldinho mahir sekali menggunakan teknik ini.

sepakbola adalah seni olah raga yang begitu menarik untuk di lihat dan kita coba, ada yang dinamakan gaya bebas atau soccer freestyle, ada berbagai trik yang dapat kita coba diantaranya:

  1. Juggling = memantulkan bola menggunakan kaki atau kepala berulang kali.

Salah satu trik dalam juggling yang terkenal dinamakan “around the world” (ATW). Around the world adalah tehnik memutarkan kaki melingkar mengitari bola ketika bola terpantul di udara. Untuk lebih jelasnya liat aja gambar di samping ini.


Sebenarnya masih banyak lagi trik-trik lain seperti pancake dan hop around the world, tapi mungkin akan dibahas di posting selanjutnya.

2) Controlling = Mengontrol bola agar tetap menempel di kepala, kaki, punggung.

Ini adalah teknik mengontrol bola dengan kepala dan punggung.




Coba tanya saja kepada Nam the Man bagaimana melakukan controlling bola. Pria berdarah Vietnam ini memang gila dalam mengontrol bola, sehingga dijuluki “The magnetic”. Dia bisa menempelkan bola ke seluruh bagian tubuhnya sambil salto, berakrobat, dan gerakan lain yang dianggap mustahil.





3) Dribbling = membawa bola menggunakan kaki untuk menipu lawan.

Khusus untuk dribbling, para freestyler sering mengadu skill mereka dalam pertandingan 0ne on one atau di Belanda lebih sering disebut “panna”. Panna adalah sejenis game adu dribel dalam sebuah lapangan kecil persegi panjang dan bergawang mini. Siapa yang paling banyak menipu lawannya dan mencetak gol dialah yang menang.


Di lapang yang sesungguhnya, para pemain bola juga sering melakukan trik-trik cantik untuk mengelabui lawan atau sekedar meghibur penonton. Inilah berbagai trik dan pemain yang biasa melakukannya:

1) Step over : kaki melangkahi bola berulang-ulang.


Pemain pengguna : C.Ronaldo, Robinho.



2) Flip-Flap : menyentuh bola dengan menggunakan kaki bagian luar, lalu menarik bola kembali ke depan.
Pemain pengguna : Ronaldinho, C.Ronaldo


3) Hocus Pocus : menyilangkan kaki untuk membuat gerakan tipuan.


Pemain pengguna : Ronaldinho, Totti

4) Rabona : menendang bola dengan menyilangkan kaki.

Pemain pengguna : C.Ronaldo, Maradona


5) Nutmeg : Bola melewati selangkangan lawan.

Pemain pengguna :kebanyakan pemain bola


6) Roulette de Zidane : Tubuh berputar ketika membawa bola

Pemain Pengguna : Zinedine Zidane


7) Rainbow : Mengangkat bola dengan tumit (double heel kick) untuk melewati lawan

Pemain Pengguna : Jay-jay Okocha, Ilhan Mansiz

Istilah lain dalam dunia sepak bola seperti :

El pichichi
Sebenarnya banyak yang tahu istilah ini. Istilah ini adalah sebutan untuk Topskorer di Liga Spanyol. Tapi istilah ini tidak ada dalam bahasa Spanyol. Istilah ini adalah julukan dari seorang pemain Athletic Bilbao, Rafael “Pichichi” Moreno.

Trequartista
Artinya pemain tiga perempat. Bukan berarti tingginya hanya tiga perempat normal. Maksudnya adalah pemain yang beroperasi di wilayah tiga perempat lapangan, alias di daerah pertahanan lawan. Inilah pemain yang dianggap otak dari segala serangan. AC Milan terkenal dengan pemain-pemain yang hebat di posisi ini. mulai dari Niels Lindholm sampai Kaka’. Pemain ini bermain tepat berada diantara gelandang dan Striker. Posisinya yang menggantung membuatnya bebas bergerak ke manapun. Dalam istilah Inggris dikenal dengan sebutan The Phantom

3 komentar:

irul mengatakan...

bagus bagus

opalbatterfly mengatakan...

aku ingin seperti mereka . . . ???

Hafidz Agung mengatakan...

ha ha ha, lumayan bgs.

Poskan Komentar